Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ANDA SANTRI?, MAKA ANDA HARUS TAHU

Bahasa Arab | Apakan anda seorang santri?, maka anda harus tahu tokoh-tokoh ulama yang berkontribusi besar dalam pengembangan Ilmu Nahwu dan Shorof. 

Tanpa jasa mereka mungkin kemajuan bahasa ini tidak akan sehebat sekarang. Dibawah akan disampaikan biografi dari sebagian ulama yang memiliki keahlian dan telah berjasa dengan menyumbangkan karyanya dibidang Ilmu Bahasa Arab. 

Semoga menjadi penambah buat wawasan kita, khususnya para santri dan pelajar yang sedang bergelut dan mengkaji bahasa Arab, khususnya Ilmu Nahwu dan Sharaf.

Santri Harus Tahu Tokoh Ilmu Nahwu


#1. Abu Hatim

Dia adalah Sahal Bin Muhammad As-Sajastan, merupakan seorang yang ahlli dalam bidang Bahasa, Nahwu dan 'Arudh. Dia tinggal di Bashrah dan merupakan tokoh ulama terkemuka di sana. 

Dia pernah membacakan kitab-kitab Sibawaih kepada Al-Akhfasy sebanyak dua kali dan banyak meriwayatkan dari Abu Zaid, Abu Ubaidah dan Al-'Usmu'i.

Selain itu dia juga merupakan seorang yang ahli dalam bidang ilmu Qiro'at serta banyak mengumpulkan berbagai karangan. 

Sehingga ketika beliau telah wafat semua kitabnya dijual sekitar 14.000 dinar. Kitabnya dalam bidang ilmu qiro'at menjadi kitab kebanggaan bagi para ulama di Bashrah.

Abu Hatim wafat di kota Bashrah Pada Bulan Rajab dan menurut riwayat yang lain dikatakan bahwa beliau wafat pada bulam Muharram tahun 225 Hijriyyah.

#2. Abu Hayyan

Abu Hayyan memiliki nama lengkap Atsiruddin Muhammad bii Yusuf bin Ali bin Yusuf. Beliau adalah seorang yang sangat ahli dalam bidang ilmu nahwu, bahasa, sastra dan qiro'at. Beliau lahir di Garnathah (Granada) spanyol tahun 654 Hijriyyah. 

Abu Hayyan pernah belajar secara kontinyu (mulaazamah) kepada Syeikh Bahaudin bin Nahas. Beliau sangat aktif dalam menulis kitab, mampu menghafal kitab Minhaj Nawawi dengan sempurna dan memiliki syair nadham yang sangat indah.

Ada sebagian pemimpin ( Amir ) yang pernah bertanya kepada beliau terkait namanya, kemudian beliau menjawab; "Jika anda tidak memuliakannya maka pergilah. 

Dan jika anda memuliakannya, maka jangan sampai bermaksud mengambil atau dari kehidupannya ini". Abu Hayyan wafat di Kairo ibu kota Mesir pada bulan shafar tahun 745 Hijriyyah.

#3. Abu 'Ala Al-Ma'ari (973-1057 M)

Beliau memiliki nama lengkap Ahmad bin Abdullah bin Sulaiman Al-Imam Abu 'Ala Al-Ma'ari. beliau merupakan dari salah satu penyair terkenal. Karena ketenaran dalam syairnya itu, beliau telah menjadi seorang 'alim yang pandai dalam bidang ilmu Nahwu dan tata bahasa Arab.

Beliau mempelajari ilmu nahwu dan bahasa dari ayahnya langsung dan dari Muhammad bin Abdullah bin Sa'ad An-Nahwi di Halab. kemudian beliau pindah ke Baghdad dan disana beliau belajar hadits dari Abdussalam bin Husain Al-Bisri. 

Kemudian beliau pindah kota Tarablus dengan alasan; karena disana terdapat perpustakaan kitab-kitab yang telah diwakafkan, maka beliau dapat menyerap segala bidang ilmu pengetahuan di sana.

Beliau pernah berkunjung ke kota Al-Ladziqiyah dan tinggal beberapa waktu di Dair. Di kota tersebut ada seorang rahib ( pendeta ) yang menguasai ilmu filsafat, kemudian beliau belajar kepadanya tetapi akhirnya beliau mendapati kebimbangan.

Diantar kitab karangan dalam bidang ilmu nahwu adalah Zhahir Al-Adhudi; Syarh Ba'dh Abyat Sibawaih; al-Haqir An-Nafi dan kitab Luzum Ma La Yalzamu.

Jadi, Apakah Anda Santri?, Maka Anda harus tahu tokoh-tokoh ini!, karena merekalah ilmu tata bahasa Arab menjadi tertata dengan baik dan sampai kepada kita dengan skema penjelasan yang komplit.

Demikian, semoga catatan kecil ini bisa menjadi salah satu yang membukakan pintu wawasan banyak orang. Serta menjadi amal ibadah bagi penulisnya. Amiin.

Posting Komentar untuk "ANDA SANTRI?, MAKA ANDA HARUS TAHU "