Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memahami Pengertian Mudzakar Dan Muannats

Memahami Pengertian Mudzakar Dan Muannats sebagai salah satu bagian penting dalam meningkatkan pemahaman pengguanaan bahasa Arab. Terutama bagi yang baru memulai mempelajari bahasa ini.

Ketepatan dalam menggunakan kata ketika mengungkapkannya dalam kalimat harus benar-benar dikuasai dengan baik.

Kekeliruan dalam menerapkan muannats dan mudzakar sering sekali terdengar dari para siswa / santri yang baru belajar,  ketika mereka mengungkapkan kalimat, baik secara lisan maupun menyusun kalimat dalam tulisan.

Itu sangat wajar bagi pemula, namun jangan sampai terjadi pada Anda yang sudah banyak pengalaman dalam bahasa ini.

Pengertian / Ta'rif Muannats dan Mudzakkar

Ini merupakan bagian paling awal yang harus dipahami oleh para santri dan pelajar yang baru memulai belajar ilmu tata bahasa Arab. Karena sebuah pengertian merupakan gambaran awal yang mengenalkan inti dari suatu hal.

bahasaarab.aseprois.com |Memahami Pengertian Mudzakar Dan Muannats1. Pengertian Mudzakkar

Secara harfiyyah mudzakkar berarti laki-laki. Namun dalam tata bahasa Arab Mudzakkar adalah kelompok kata yang penggunaannya untuk laki-laki.

Perlu dipahami bahwa kata-kata dari kelompok Mudzakkar ini, secara makna terbagi dua jenis; Hakiki dan Majazi.

Mari simak pengertian dari masing-masingnya!

المذكر الحقيقي هو مادل على ذات الروح انسان وحيوان او من له ذكر >>> رجل / أسد
Mudzakar Hakiki ialah sesuatu yang menunjukan pada hal yang memiliki ruh, baik manusia maupun hewan degan jenis kelamin laki-laki. Contohnya seperti : رجل / أسد

Kemudian dalam tata bahasa Arab ada kata-kata yang disepakati oleh orang Arab sebagai kata yang mudzakar, kendati tidak menunjukan pada sesuatu yang memiliki ruh dan jenis kelamin.

Kata-kata tersebut merupakan kata benda, kata sifat, kata ganti, kata petunjuk dll yang secara hukum disebut sebagai mudzakar. Namun dikelompokan kedalam Mudzakar Majazi.

المذكر المجازي يعامل معاملة الذكر ويفهم بالمعني وهو غير ذوي الروح مثل قلم / حاسوب
Mudzakar Majazi adalah kata yang digunakan yang dalam pengamalannya seperti pengamalan kata untuk Mudzakar hakiki dan dipahami dari maknanya serta bukan sesuatu yang memiliki ruh. Contohnya seperti : قلم / حاسوب

2. Pengertian Muannats

Secara harfiyyah muannats berarti perempuan, kemudian dalam tata bahasa Arab ada kata-kata yang dikelompokan ke dalam muannats sebagai kebalikan dari kelompok kata yang mudzakkar.

Sehingga dalam bahasa Arab, salah satu ketepatan penggunaannya adalah kesesuaian kata antara muannats dan mudzakar.

Muannats Hakiki

Seperti halnya Mudzakkar, muannats pun dikelompokan kedalam 2 jenis; yaitu hakiki dan majazi. mari simak pengertian dari masing-masingnya!
اما المؤنث الحقيقي مادل على ذات الروح من انسان او حيوان إمرأة / ناقة
Muannats Hakiki adalah sesuatu yang ditujukan pada yang memiliki ruh baik manusia maupun binatang dan di tegaskan dengan jenis kelamin. Contoh wanita dengan kata إمرأة 

Dari bentuk kata, muannats hakiki ini terbagi ke dalam dua jenis, yakni; Lafdzy dan Maknawy. Yuk kita telaah bersama kedua jenis muannats hakiki ini sebagai berikut!

a. Muannats Hakiki Lafdy

وهو قسمين لفظي تلحقه علامات التأنيث الثلاثة 
Muannats Hakiki lafdy yang dalam bentuk katanya ditandai dengan tanda muannts (ta marbuthoh, atau alif ta`nits baik mamdudah maupun maqshurah) seperti : فاطمة

b. Muannats Hakiki Maknawi

ومعنوي لاتلحقه علامات التأنيث الثلاث ويفهم بالمعنى
Muannat hakiki maknawi tidak tanda muannats, namun bisa dipahami dari maknanya seperti : nama seorang wanita >>> زَيْنَبُ

Muannat Majazy 

Muannats Majazy merupakan kelompok kata yang dihukumi muannats, baik bertanda maupun tidak bertanda muannats serta bukan yang memiliki ruh seperti di muannats hakiki.

اما المجازي مايعامل معاملة الانثى ويفهم بالمعنى وهو غير ذوات الارواح نار / شباك
Muannats Majazy adalah kata yang digunakan seperti penggunaan kata untuk perempuan (dalam muannats hakiki) dan dipahami dari maknanya. Ia juga bukan sesuatu yang memiliki ruh seperti :  نار = api dan  شباك = jendela

Seperti pada muannats hakiki maka pada muannats majazy juga terbagai kedalam dua jenis yakni; lafdy dan maknawi. Polanya sama saja, yaitu; yang lafdy memiliki tanda muannats, sementara yang maknawi tidak memiliki tanda muannats namun dipahami dengan maknanya.

Demikian pembahasan dengan judul Memahami Pengertian Mudzakar Dan Muannats

Itulah sekilas pengertian dari mudzakar dan muannats, semoga bisa menjadi salah satu pembahasan yang mewarnai nuansa keilmuan dari setiap orang yang ingin belajar Bahasa Arab.

Tiada waktu yang paling berharga, melainkan waktu yang digunakan untuk mengkaji pengetahuan yang akan melahirkan kemanfaatan bagi banyak orang.

Manusia terbaik adalah manusia yang paling besar manfaatnya bagi orang-orang disekitanya serta lingkungan dimana dia berada.

Sekiranya ada kekeliruan dalam penulisan atau lainnya dari postingan ini, saya sangat senang bila Anda memberitahukannya dengan cara mencantumkan koreksinya dikolom komentar. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Memahami Pengertian Mudzakar Dan Muannats"