Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Jama' Mu`annats Salim | جمع المؤنث السالم

Penjelasan Jama' Mu`annats Salim | جمع المؤنث السالمMasih melanjutkan pembahasan mengenai isim mu'rab dan kali ini akan disampaikan Penjelasan Jama' Mu`annats Salim | جمع المؤنث السالم dari sisi ta'rif, cara pembentukan, hukum dan tanda i'rabnya.


جمع المؤنث السالم
هو كل ما دل على أكثر من اثنتين بزيادة ألف و تاء لمفرده الصحيح في آخره

Jama' Muannats Salim adalah setiap kata yang menunjukan makna lebih dari dua dengan cara menambahkan alif dan ta pada akhir kata mufrod.

Sudah sama-sama maklum bahwa kata ini disebut jama' karena menunjukan makna lebih dari dua, disebut muannats karena ditujukan untuk muannats dan disebut salim karena bentuk mufrodnya selamat dari perubahan ketika ditambahkan ketika diubah menjadi jama' dengan tambahan alif dan ta. 

Cara membentuk jama' muannat salim

Sesuai dengan yang dijelaskan dalam ta'rifnya bahwa jama' muannats salim adalah bentuk jama' yang ditambahkan alif dan ta di akhir isim mufrod. Jadi langkah-langkah untuk membentuk jama' muanntas salim adalah;
  1. Tentukan isim mufrod yang ingin dijama' muannats salimkan
  2. Tambahkan huruf alif dan ta di akhir isim mufrod tersebut.
Perhatikan contoh berikut ini!
طَالِبٌ + ات = طَالِبَات
عَالِمٌ + ات = عَالِمَات
سَاجِدٌ + ات = سَاجِدَات

Kata طَالِبٌ , عَالِمٌ dan سَاجِدٌ pada contoh diatas adalah isim mufrad kemudian ditambahkan alif dan ta di akhirnya agar menjadi jama' muannats salim.

Tanda I'rab Jama' Muannats Salim

Jama' Muannats salim merupakan bagian dari isim mu'rab, sehingga akan memiliki tanda perubahan akhir sesuai dengan posisinya didalam jumlah. Ketika dalam posisi rofa' ditandai dengan dlommah, nashab dan khofar ditandai dengan kasrah. 

Berikut contoh i'rab jama muannats salim sesuai dengan posisinya didalam jumlah.

Contoh Jama Muannats Salim ketika dalam posisi yang harus ROFA'


إذَا جَاءَكُمُ الْمُؤْمِنَاتُ
الْمُؤْمِنَاتُ dari contoh diatas berposisi sebagai Fa'il yang harus rofa' sehingga ditandai dengan tanda i'rab rofa' yaitu dlommah

Contoh Jama Muannats Salim ketika dalam posisi yang harus KHOFAD



فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ
الثَّمَرَاتِ dari contoh diatas berposisi sebagai majrur karena didahului مِنَ yang mengharuskan majrur sehingga ditandai dengan tanda i'rab khofad yaitu Kasrah


Contoh Jama Muannats Salim ketika dalam posisi yang harus NASHAB

وَ لَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ
الْمُشْرِكَاتِ dari contoh diatas berposisi sebagai Maf'ul Bih yang harus Nashab sehingga ditandai dengan tanda i'rab Nashab yaitu Kasrah


Kesimpulan dari Penjelasan Jama' Mu`annats Salim | جمع المؤنث السالم 

  1. Jama' Mu`annats Salim merupakan kata/kalimah isim dalam bentuk jama' untuk muannats
  2. Cara membentuk Jama' Mu`annats Salim dengan menambahkan alif dan ta pada akhir kata mufrodnya
  3. Jama' Mu`annats Salim termasuk salah satu dari isim mu'rab.
  4. Tanda i'rab Jama' Mu`annats Salim adalah rofa' dengan dlommah, nashab dan khofad dengan kasrah
Untuk memahmi penerapannya ke dalam kalimat/jumlah wajib melakukan latihan secara konsisten baik membaca ataupun membuat kalimat sendiri. Wallahu a'lam bish showab.

1 komentar untuk "Penjelasan Jama' Mu`annats Salim | جمع المؤنث السالم"

  1. ” then the opposite scholar would select a card within the asking college students hand and say “I’d like _____.” Repeating with the opposite companion so that every scholar would receive a card. Once everyone was finished, I would then reveal high playing cards or low win utilizing the presentation. Then the scholars would check the numbers at the backside of the cardboard 코인카지노 and examine with their companion. The scholar with the highest/lowest number would win that spherical. Another curious reality to note is that some wheels characteristic a brake, which may gradual the rotation of the wheelhead.

    BalasHapus