Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Isim Tatsniyah | التثنية

Penjelasan Isim Tatsniyah | التثنية atau al-mutsannaDalam postingan kali ini akan dibahas mengenai Penjelasan Isim Tatsniyah | التثنية dari sisi ta'rif, cara pembentukan, alamat i'rab dan contoh penerapannya dalam jumlah/kalimat.

المثنى
 هو ما يدل على اثنين أو اثنتين، أو أغنى عن متعاطفين، بزيادة ألف ونون في حالة الرفع، وياء ونون في حالة النصب، أو الجر، مثال: قلمان أو قلمين. وتحذف نون المثنى عند الإضافة

Isim Tatsniyah/Mutsanna adalah kata yang menunjukan makna 2 dan tidak perlu di'atafkan dengan cara menambahkan alif dan nun untuk posisi rofa' atau ditambahkan ya dan nun untuk posisi nashab dan jar/khofad. 

Contoh قلمان dan قلمين dimana kedua kata tersebut merupakan isim tatsniyah dari kata قلم dengan cara menambahkan ilif nun dan ya nun di akhirnya.

Cara Pembentukan Isim Tatsniyyah

Jadi cara membentuk isim tatsniyah adalah dengan cara menambahakan alif nun atau ya nun pada isim mufrad yang ingin di jadikan isim tatsniyyah. perhatikan!

قلم + ان = قلمان
قلم + ين = قلمين

Alamat i'rab

Mutsanna/Isim Tatsniyah ditandai i'rab dengan huruf, yakni; rofa' dengan alif, nashab dan jar dengan ya.

Contoh Penerapan Isim Tatsniyyah Dalam Kalimat
a. Contoh Isim Tatsniyyah ketika dalam keadaan rofa'

هذان قلمان
Kata قلمان  pada contoh diatas berposisi sebagai khobar yang harus rofa'. Maka i'rabnya ditandai dengan alif. Sementara nun adalah pengganti dari tanwin yang ada pada isim mufrad.

b. Contoh Isim Tatsniyyah ketika dalam keadaan Nashab

إشْتَرَيْتُ القَلَمَيْنِ
Kata القَلَمَيْنِ  pada contoh diatas berposisi sebagai maf'ul bih yang harus nashab. Maka i'rabnya ditandai dengan ya.

c. Contoh Isim Tatsniyyah ketika dalam keadaan jer/khofad

أسْتَطِيْعُ أنْ أكْتُبَ بِالقَلَمَيْنِ
Kata القَلَمَيْنِ  pada contoh diatas berposisi sebagai majrur dari haraf jar ba yang harus khofat. Maka i'rabnya ditandai dengan ya.

Penjelasan tambahan

Ada kata-kata dari jenis isim yang secara i'rab diikutkan pada mutsanna dimana ilmu nahwu mengistilahkan kata-kata tersebut dengan mulhaq isim tatsniyah. Kata-kata tersebut adalah اثنَانِ واثنَتانِ وثِنتانِ وكِلا وكِلتَا

Demikian Penjelasan Isim Tatsniyah | التثنية semoga bermanfaat dan tidak lupa apabila ada kekeliruan didalamnya, maka kami akan dengan sengang hati apabila pembaca mau memberikan koreksi lewat komentar dibawah. Wallahu a'lam bish showab.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Isim Tatsniyah | التثنية"