Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isim Mufrod

Dalam pos ini diperkenalkan salah satu dari bahasan paling mendasar dari tata bahasa arab mengenai jenis kata dalam kategori Isim yang memiliki makna mufrad. Isim memiliki pengertian sebagai setiap kata yang bermakna manusia, hewan, tumbuhan, benda, sipat, tepat, waktu sifat dan setiap kata yang tidak mengandung unsur waktu seperti jenis kata dari kata ganti dan isim Isyarat.

Dalam setiap bahasa pasti ada di dapati istilah tunggal dan jamak. Dalam bahasa Indonesia misalnya, tunggal berarti satu dan jamak berarti dua ke atas. Begitu pula dalam bahasa inggris maka makna jamak itu adalah dua ke atas.

Tetapi di dalam bahasa Arab, makna jamak ini di hitung dari tiga ke atas dan untuk makna dua memiliki istilah tersendiri yaitu Mutsana atau tatsniyyah dan inilah salah satu yang membuat bahasan bahasa Arab menjadi berbeda dalam sistematikanya dengan bahasa yang lain.

Penjelasan isim mufrad

Untuk memahami mutsana dan jamak dalam bahasa Arab terlebih dahulu harus pahan dengan pasti mengenai Isim mufrad ini. Karena ada teknik tersendiri dalam menjadikan Isim yang memiliki pengertian mufrad kedalam berntu mutsanna (bermakna dua) atau jamak (bermakna banyak minimal tiga)

Untuk memahami prakteknya sengaja tidak disajikan dalam bentuk tulisan diposting ini, tapi dibawah ini disajikan video penjelasan yang dilengkapi dengan cara mempraktikannya kedalam bentuk kalimat. Dengan tampilan video ini diharapkan Anda bisa memahami isim mufrad dengan lebih detail dan jelas.

Demikian penjelasan singkat tentang isim mufrod. Semoga bermanfa'at dan bisa menjadi salah satu bahan reverensi bagi para pemula yang baru memulai mengkaji dan mempelajari ilmu bahasa Arab. Apabila sahabat menemukan kekliruan dalam tulisan atau video ini, maka masukan sahabat sangat berguna untuk kami demi pengembangan yang lebih baik di masa yang akan datang. Terima kasih atas kunjungannya.


2 komentar untuk "Isim Mufrod"