Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Jama' Mudzakar Salim | جمع المذكر السالم

Dalam Penjelasan Jama' Mudzakar Salim | جمع المذكر السالم kali ini akan disajikan ta'rif, cara pembentukan, i'rab dan contohnya dalam sebuah jumlah.

جمع المذكر السالم

هو ما دل على أكثرَ من اثنين بزيادة واوٍ و نونٍ في آخره عند الرفع ، وياءٍ ونونٍ في حالتي النَّصبِ والجرِّ ، وهو مذكر طبعا (خاص بجماعة الذكور) ، وسمي سالما لأن مفرده سلم من التغيير عند جمعه

Jama' Mudzakar Salim ialah kata yang menunjukan makna lebih banyak dari pada 2 dengan cara menambahkan wau dan nun pada akhirnya ketika dalam posisi rofa' dan ditambahkan ya dan nun pada 2 posisi, yakni nashab dan Jar/khofad. Kata dalam bentuk jama' ini khusus untuk menjamakan kata yang digunakan bagi mudzakar. Dinamai salim karena bentuk mufrodnya selamat dari perubahan ketika dibentukan kedalam lafad jama mudzakar salim.

Cara Membuat Jama' Mudzakar Salim

Penjelasan Jama' Mudzakar Salim | جمع المذكر السالمUntuk membuat jama' mudzakar salim tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Tentukan isim mufrod yang maknanya untuk mudzakar secara tabi'at (maksudnya khusus untuk manusia dari jenis kelamin laki-laki)
  2. Tambahkan wau dan nun pada akhir kata isim mufrad tersebut untuk bentuk rofa' dan ya nun untuk bentuk nashab serta jar/khofad

Bila 2 langkah diatas dilakukan dengan benar, maka Anda sekarang sudah paham bagaimana cara membentuk Jama' Mudzakar Salim.

Silahkan teliti dan perhatikan contoh proses pembentukan jama' mudzakar salim dari isim mufrod!

الْفَلَّاحُ + ون = الْفَلَّاحُوْنَ

I'rab Jama' Mudzakar Salim

Karena merupakan bagian dari isim mu'rab maka Jama' Mudzakar Salim akan mengalami perubahan akhir kata sesuai dengan posisinya didalam jumlah.

Tanda i'rab rofa'nya dengan wau, nashab dan jarnya dengan ya. Sementara nun merupakan pengganti dari tanwin yang ada pada isim mufradnya.

Alamat i'rab Jama' Mudzakar Salim berbeda dengan alamat i'rab pada Jama' Muannats Salim, dimana Jama' mudzakar salim i'rabnya dengan huruf dan jama' muannats salim dengan harokat.

Contoh Jama' Mudzakar Salim sesuai posisinya didalam jumlah

Untuk memahami penerapan dan perubahannya didalam jumlah silahkan perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini!

a. Contoh Jama' Mudzakar Salim ketika dalam posisi yang harus ROFA'


الْفَلَّاحُوْنَ يَزْرَعُوْنَ النَّبَاتَاتِ
Kata/kalimah الْفَلَّاحُوْنَ pada contoh diatas menempati posisi rofa' karena menjadi mubtada. Oleh karena itu kata/kalimah الْفَلَّاحُوْنَ ditandai irob rofa'nya dengan wau. Sementara nun adalah pengganti dari tanwin yang ada pada isim mufrod sebelum dijadikan jama'.

b. Contoh Jama' Mudzakar Salim ketika dalam posisi yang harus NASHOB


أرَى الْفَلَّاحِيْنَ فِى الْمَزْرَعَةِ
Kata/kalimah الْفَلَّاحِيْنَ pada contoh diatas menempati posisi nashob karena menjadi maf'ul bih. Oleh karena itu kata/kalimah الْفَلَّاحِيْنَ ditandai irob nashobnya dengan ya. Sementara nun adalah pengganti dari tanwin yang ada pada isim mufrod sebelum dijadikan jama'.

c. Contoh Jama' Mudzakar Salim ketika dalam posisi yang harus Jer/khofad

يُعْطَى الْبُذُوْرُ بِالْفَلَّاحِيْنَ

Kata/kalimah الْفَلَّاحِيْنَ pada contoh diatas menempati posisi Jer/khofad  karena menjadi majrur setelah didahului huru jar yaitu ba. Oleh karena itu kata/kalimah الْفَلَّاحِيْنَ ditandai irob Jer/khofadnya dengan ya. Sementara nun adalah pengganti dari tanwin yang ada pada isim mufrod sebelum dijadikan jama'.

Demikian Penjelasan Jama' Mudzakar Salim | جمع المذكر السالم berikut proses pembuatan serta contohnya dalam kalimat. Semoga bisa membantu sahabat yang kebetulan saat ini sedang menelaah dan mempelajari bahasa Arab dasar.

Dan jangan lupa untuk memberikan koreksi pada pembahasan ini, bila sahabat menemukan kekurangan ataupun kekeliruan dalam penjelasan ini. Wallahu a'lam bish showab.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Jama' Mudzakar Salim | جمع المذكر السالم"