Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isim Dlamir | الإسم المضمر

Bahasa Arab | Untuk memahami penggunaan bahasa Arab, baik secara pelapalan, bacaan dan tulisan salah satu hal yang sangat penting diperhatikan sehingga memiliki pemahaman dalam penggunaannya adalah memahami fungsi dari kata ganti atau Isim Dlamir. Seperti dalam bahasa yang lain, dalam bahasa Arab pun, isim dlamir ini menjadi hal yang paling mendasar yang harus dikuasai sebelum akhirnya bisa menggunakan bahasa Arab dengan baik dan benar.

Bahasa Arab dan isim dlamir

#Pengertian
Isim Dlamir adalah kata yang menunjukan sesuatu yang dinamai dengan mengaitkan posisi sebagai pembicara, lawan bicara atau orang yang dibicarakan. 
الإسم المضمر هو ما دل على مسماه بقيد التكلم او الخطاب او الغائبة
Misalnya seseorang bernama Muhammad ketika menjadi akan mengatakan 'saya akan datang' kemudian ketika dia menjadi lawan bicara dari sahabatnya, maka lawan bicaranya akan berkata 'hai Muhammad, apakah KAMU akan pergi?. Kemudian ketika Muhammad jadi yang dibicarakan maka kalimatnya akan menjadi ' Dia akan pergi'.

#Praktik
Untuk lebih jelasnya, mari kita telaah dan cermati bentuk kata ganti / Isim dlamir berikut ini:
Indonesia Arab Ejaan
Dia هُوَ Huwa
Mereka ber-2 هُمَا Humaa
Mereka 3/+ هُمْ Hum
Dia pr هِيَ Hiya
Mereka ber-2 pr هُما Huma
Mereka 3/+ pr هُنَّ Hunna
Kamu أنتَ Anta
Kalian ber-2 أنْتُمَا Antuma
Kalian 3/+ أنْتُمْ Antum
Kamu pr أنْتِ Anti
Kalian ber-2 pr أنْتُمَا Antuma
Kalian 3/+ أنْتُنَّ Antunna
Saya أنَا Ana
Kami نَحْنُ Kami
Dari rincian kata ganti bahasa Arab pada tabel diatas, kamu bisa langsung mempraktikannya kedalam bentuk kalimat. seperti berikut;
Indonesia Arab Ejaan
Dia seorang siswa هُوَ طَالِبٌ Huwa Tholib
Mereka ber-2 adalah siswa هُمَا الطَّالِبَانِ Humaa at-tholibani
Mereka 3/+ adalah para siswa هُمُ الطابِوْنَ Hum at-tholibuna
Untuk selanjutnya, kamu bisa berlatih dan mencoba membuat kalimat yang lain, tinggal cari kosa kata sebanyak-banyaknya. Perhatikan contoh lain berikut ini;
IndonesiaArabEjaan
Kamu adalah muhammadأنْتَ مُحَمَّدٌAnta Muhammad
Kamu adalah fatimahأنْتِ فاطِمَةٌAnti Fatimah
Saya adalah Yusufأنَا يُوْسُفُAna Yusuf
Setelah mencermati dan memahami isim dlamir beserta contohnya maka kalian bisa memulai latihan membuat kalimat sendiri. Caranya sangat mudah hanya tinggal menggabungkan setiap kata dan mencocokannya dengan jenis peruntukan setiap kata. Yang harus diingat adalah menggunakan kata dalam bahasa Arab penting melihat, mana untuk perempuan dan mana kata yang digunakan untuk laki-laki. Istilah Arabnya adalah Muannats dan Mudzakar.
Coba kamu terjemahkan kedalam bahasa Arab sebagai latihan dari hasil penelaahan diatas.
IndonesiaArabEjaan
Kalian berdua adalah siswa__________________________
Kalian bertiga adalah siswa__________________________
Kalian adalah Zainab, Aisyah dan Nasiroh__________________________
Selamat, kamu sudah menyelesaikan pelajaran ini dengan baik. Ingat, dalam belajar bahasa Arab kunci utamanya adalah perbendaharaan kosa kata. Jadi berlatih memahami dengan menghafal minimalnya 5-10 kata per hari akan membuat kamu cepat memahami dan menguasai bahasa ini.

Sampai disini pelajaran kita dan akan pelajaran kita selanjutnya adalah pembagian Isim Dlamir dan cara menggunakannya ke dalam kalimat lengkap. Sampai jumpa.
Sukran.

Posting Komentar untuk "Isim Dlamir | الإسم المضمر"