Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membedakan Mu’rab dan Mabni - Alfiyyah

Hallo.., al-hamdulillah kita bisa bertemu kembali disini, mudah-mudahan kita senantiasa diberi kesehatan Oleh Allah swt. Kali ini akan menjelaskan tema terkait "belajar ilmu nahwu bab kalam, Membedakan Bab Mu’rab dan Mabni". mari pelajari selengkapnya...

Membedakan Mu’rab dan Mabni - Alfiyyah

الْمُعْرَبُ وَالْمَبْنِي
MU’RAB DAN MABNI

وَالاسْمُ مِنْهُ مُعْرَبٌ وَمَبْنِي ¤ لِشَبَـــهٍ مِنَ الْحُــرُوْفِ مُدْنِي
Kata dari kategori isim dikelompokan kedalam Mu'rob dan Mabni. Kelompok isim yang mabni dikarenakan ada kesamaan yang dekat dengan kata dari kategori huruf.

Isim yang mu'rab adalah kata yang syakal akhirnya akan selalu berubah sesuai posisinya didalam jumlah. seperti; zaidun dalam posisi ropa akan berubah bunyi menjadi zaidan ketika dalam posisi nasab dan berbunyi zaidin ketika dalam posisi jeer/khofad.

Sementara isim yang mabni ialah yang tidak akan ada perubahan syakal akhir kendati bebeda posisi dalam jumlah, ia akan tetap dalam satu bunyi dalam posisi apapun. Seperti Hadza (isim isyarah) bunyinya tidak pernah berubah dalam posisi apapun.

كَالْشَّبَهِ الْوَضْعِيِّ فِي اسْمَيْ جِئْتَنَا ¤ وَالْمَعْـنَـــوِيِّ فِي مَتَى وَفِي هُـــــــنَا
Seperti keserupaan bangsa wadh’iy didalam contoh dua Isimnya lafadz Ji’tana. Dan keserupaan bangsa Ma’nawiy di dalam contoh Mata, dan Huna.

Isim menyerupai kalimah harp dalam 2 hal;

  1. Dalam wadl'i yakni jumlah hurupnya. Dalam satu kalimah harp biasanya hanya terdiri dari 1, 2 dan 3 huruf saja. Sementara isim lebih dari 3 huruf. sehingga kebanyakan isim yang terdiri dari 3 huruf atau kurang akan menjadi isim yang mabni karena menyerupai kalimah harf dalam banyak hurufnya. seperti dua isim dlomir muttashil dalam JI`TaNa
  2. Dalam makna. kalimah harf membutuhkan kalimah lain dalam pemaknaannya seperti FI (di) baru akan jelas maknanya bila di hubungkan dengan kalimah lain; FI Qolby (dihatiku). Ada juga isim yang membutuhkan hal lain dalam pemaknaannya, seperi kata tanya MATA dan Isim Isyarah HUNA.

وَكَنِيَابَةٍ عَنِ الْفِعْلِ بِلاَ ¤ تَأَثُّــــرٍ وَكَافْــتِقَارٍ أُصِّلا
Dan keserupaan bangsa Niyabah (pengganti) dari Fi’il tanpa pembekasan I’rob (Isim Fi’il). Dan keserupaan bangsa Iftiqor/kebutuhan yang dimustikan (yakni, isim maushul musti membutuhkan shilah).


وَمُعْرَبُ الأَسْمَاءِ مَا قَدْ سَلِمَا ¤ مِنْ شَبَهِ الْحَرْفِ كَأَرْضٍ وَسَمَا
Adapun Mu’rabnya Kalimah-kalimah Isim, adalah Kalimah yang selamat dari keserupaan dengan Kalimah Huruf, seperti contoh Ardhin dan Sumaa.

وَفِـــعْلُ أَمْرٍ وَمُضِيٍّ بُنِـيَا ¤ وَأَعْرَبُوا مُضَارِعَاً إنْ عَرِيَا

مِنْ نُوْنِ تَوْكِيْدٍ مُبَاشِرٍ وَمِنْ ¤ نُوْنِ إنَــاثٍ كَيَرُعْنَ مَنْ فُـــتِنْ

Fi’il Amar dan Fi’il Madhi, keduanya dihukumi Mabni. Dan mereka Ulama Nahwu sama menghukumi Mu’rab terhadap Fi’il Mudhori’ jika sepi…..

Kata kerja (fi'il), seperti halnya isim, ada yang mu'rab dan ada yang mabni. Fi'il Madli dan Fi'il Amar dikelompokan kedalam fi'il yang mabni, sementara fi'il mudlari yang tidak kemasukan nu taukid dan nun jamak muannats dihukumi mu'rab.

وَكُلُّ حَـرْفٍ مُسْتَــحِقٌّ لِلْبِنَا ¤ وَالأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَا

Semua kata (kalimah) dari kategori haraf hukumnya mabni. Kemudian yang menjadi pokok dari mabni adalah sukun. 

وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمُّ ¤ كَأَيْنَ أَمْسِ حَيْثُ وَالْسَّــــاكِنُ كَمْ

Diantara hukum Mabni adalah Mabni Fathah, Mabni Kasroh dan Mabni Dhommah. Seperti lafadz: Aina, Amsi, Haitsu, dan Mabni Sukun seperti Lafadz Kam.

Demikian penjelasan singkat mengenai : Membedakan Mu'rab dan Mabni pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wallahu a'lam bish showab

Posting Komentar untuk "Membedakan Mu’rab dan Mabni - Alfiyyah "