Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Isim Manqush | الإسم المنقوص

Pada postingan kali ini, akan dibahas Penjelasan Isim Manqush | الإسم المنقوص yang merupakan salah satu dari kategori isim yang mu'rab.

Oiya, sebelum lanjut ada yang ingin mimin sampaikan, bahwa apa yang ditulis di sini hanya merupakan pengetahuan sederhana dari mimin, semoga ini termasuk pada amal kebaikan karena mimin yakin apa yang  ditulis ini akan bermanfaat. Amiin.

Penjelasan Isim Manqush | الإسم المنقوص untuk para santri

الاسم المنقوص هو كل اسم معرب آخره ياء ساكنة ولازمة وغير مشددة وما قبلها مكسور

Isim Manqush | الإسم المنقوص adalah bentuk kata dalam bahasa Arab dengan huruf akhir ya ashli dan huruf sebelumnya berharkat kasroh. Isim manqush ini termasuk dalam kategori isim yang mu'rab.

Sebagai mana kita tahu, bahwa setiap isim mu'rob memiliki tanda i'rab, begitu pula dengan isim manqush. Hanya disini ada perbedaan, tanda i'rabnya tidak jelas terlihat juga tidak terdengar dalam pelafalannya ketika beposisi sebagai rofa' dan jar. Hal seperti ini sering kita sebut sebagai i'rab taqdiri atau hanya diperkirakan saja. Tetapi dalam i'rab nashobnya tetap dibaca jelas, yakni dengan fathah dlohirah.

Yuk perhatikan contoh berikut ini!
1. Contoh dalam posisi ROFA'
مَنْ يَهْدِي الله فَهُوَ المُهْتَدِي
Kalimah al-muhtadi pada contoh diatas berposisi sebagai khobar yang harus rofa'. Karena kalimah al-muhtadi ini adalah mufrad, maka tanda rofa'nya adalah dlommah, tetapi tidak bisa dilafalkan hanya diperkirakan saja.

2. Contoh dalam posisi NASHAB
يَوْمَئِذٍ يَتَّبِعُوْنَ الدَّاعِيَ لَا عِوَجَ لَهُ
Kalimah ad-daa'iya pada contoh ini berposisi sebagai maf'ul bih yang harus nashab, maka ia ditandai dengan alamat nashab, yakni fathah di akhirnya. Berbeda bila ia berposisi sebagai rofa' atau jar, tanda i'rab pada keduanya adalah taqdiri.

3. Contoh dalam posisi JAR
آتَيْنَاكَ سَبْعًا مِنَ الْمَثَانِى
Kalimah al-matsaani pada contoh ini berada dalam posisi majrur karena didahului min. Seperti sudah diketahui bahwa tanda i'rab jar adalah kasrah diakhir kata. Tetapi disini kasrahnya tidak di dzahirkan melainkan hanya diperkirakan saja bahwa disana ada kasrah.

Kesimpulan

  • Isim Manqush adalah kalimah isim yang mu'rab dan diakhiri dengan ya sukun serta huruf sebelum ya berharkat fathah.
  • Tanda i'rabnya; rofa dengan dlommah muqoddaroh, nashab dengan fathah dlohiroh dan jar dengan kasrah muqoddaroh.


Demikian Penjelasan Isim Manqush | الإسم المنقوص pada kesempatan kali ini dan insyaAllah kita bertemu kembali dalam postingan lainnya. Bila ada hal yang ingin ditanyakan atau ada yang harus dikoreksi, silahkan sampaikan dikolom komentar dengan bahasa yang singkat, padat dan menjaga sopan santun. Syukron.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Isim Manqush | الإسم المنقوص"