Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Isim Maqshur | الإسم المقصور

Masih mengenai pembahasan Isim Mu'rab, kali ini kita akan fokus pada Penjelasan Isim Maqshur | الإسم المقصور yang ditandai i'rabnya dengan tanda yang diperkirakan disemua posisinya dalam jumlah.

Penjelasan Isim Maqshur | الإسم المقصور

الاسم المقصور هو كل اسم معرب آخره ألف لازمة مفتوح ما قبلها، وقد تُكتب الألف اللازمة بطريقتين  ا أو ى  

Isim Maqshur adalah setiap isim mu'rab yang huruf akhirnya alif lazimah dan huruf sebelumnya berharkat fathah. Alif lazimah selalu ditulis dengan salah satu dari dua cara yaitu; ا atau ى

مثل: فتى، مستشفى، هدى، علا، رنا، مصطفى، عصا، مقهى

Isim Maqshur merupakan isim yang i'rabnya bukan mu'ayyan, tetapi ia ditandai i'rab dengan tanda i'rab yang muqoddaroh / diperkirakan saja. Yakni; rofa dengan dlomah muqoddaroh, nasab dengan fathah muqoddaroh dan Jazm dengan kasrah muqoddaroh.

Berikut ini kami sajikan contoh-contoh isim maqshur sesuai posisinya didalam jumlah!

1. Contoh ketika menempati posisi yang harus ROFA'

إنَّ هُدَى اللهِ هُوَ الْهُدَى
Kata al-Huda pada kalimat diatas berposisi sebagai khobar yang harus rofa', tentu saja tanda yang harus disematkan adalah tanda rofa', namu karena al-huda ini merupakan isim maqshur, maka tanda i'rabnya tidak mu'ayaan (tidak terlihat) tapi hanya diperkirakan saja bahwa diatas alif ada dlommah.

2. Contoh isim maqshur yang menempati posisi NASHAB

إنَّ الهُدَى هُدَى اللهِ
Kata al-Huda pada kalimat diatas berposisi sebagai isim inna yang harus NASHAB. tentu saja tanda yang harus disematkan adalah tanda nashab, namu karena al-huda ini merupakan isim maqshur, maka tanda i'rabnya tidak mu'ayaan (tidak terlihat) tapi hanya diperkirakan saja bahwa diatas alif ada fathah.

3. Contoh isim maqshur yang menempati posisi JAR

فاسْتَحَبُّوا العَمَى عَلَى الهُدَى
Kata al-Huda pada kalimat diatas berposisi sebagai Majrur yang harus JAR. tentu saja tanda yang harus disematkan adalah tanda jar, namun karena al-huda ini merupakan isim maqshur, maka tanda i'rabnya tidak mu'ayaan (tidak terlihat) tapi hanya diperkirakan saja bahwa diatas alif ada kasroh.

Kesimpulan dari contoh diatas bahwa; الهُدَى adalah isim maqshur karena diakhiri dengan alif lazimah yang sebelumnya berharkat fathah. Semua tanda i'rabnya di kira-kira ada diatas alif lazimah itu.

فَالأَوَل الإعْرَابُ فِيْهِ قُدِرَ  ،  جَمِيْعُهُ وَ هُوَ الَّذِى قَدْ قُصِرَا


Demikian Penjelasan Isim Maqshur | الإسم المقصور pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Bila ada kekeliruan atau kekurangan yang perlu ditambahkan, silahkan sampaikan dikolom komentar dengan bahasa yang mudah dipahami. Sampai jumpa dalam postingan selanjutnya. Wallahu a'lam bish showab.

Posting Komentar untuk "Penjelasan Isim Maqshur | الإسم المقصور"